Mana Yang Lebih Baik Saat Adzan Maghrib Berkumandang Sholat Dahulu Atau Berbuka Puasa ?

Pertanyaan : Bila kita berbuka puasa yang baik Sholat dulu atau berbuka dulu ?

Jawab:

Ketika yakin matahari terbenam disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk berbuka, ini yang dimaksud oleh para ulama’ disunnahkan menyegerakan untuk iftor (berbuka), kalaupun dia tidak mengkonsumsi makanan diapun dengan otomatis puasanya selesai dengan tanda terbenamnya matahari.

Dalam Hadist riwayat Siti Aisyah Rosul Saw menyegerakan untuk berbuka terlebih dahulu kemudian sholat.

 عن أبي عطية قال دخلت على عائشة رضي الله عنها أنا ومسروق فقلنا يا أم المؤمنين رجلان من أصحاب محمد صلى الله عليه وسلم أحدهما يعجل الإفطار ويعجل الصلاة والآخر يؤخر الإفطار ويؤخر الصلاة قالت أيهما يعجل الإفطار ويعجل الصلاة قلنا عبد الله قالت كذلك كان يصنع رسول الله صلى الله عليه وسلم

Aku dan masruq bertamu ke rumah Siti Aisyah, aku berkata : wahai ummul mukminin ada 2 orang dari sahabat Rosul saw , salah satunya menyegerakan berbuka sholat dan yang satu mengahirkan berbuka dan sholat ?
Berkata Siti Aisyah : siapa dari keduanya yang mendahulukan berbuka dan sholat ?
Kami menjawab : Ibnu mas’ud orangnya.
Berkata Siti Aisyah : seperti itulah yang diperbuat Rosul saw.

Dari hadist ini disunnahkan mendahulukan berbuka dari pada sholat sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya majmuk & juga disebutkan dalam kitab al anwar dan al khodim dan diperkuat oleh Hadist yang sohih juga, bahwasannya Rosul saw tidak sholat terlebih dahulu sampai dihidangkan rutob (kurma basah) dan air kemudian memakannya.
Dari sini Ibnu Hajar berkata : siapa yang beranggapan sunnah mengakhirkan berbuka dari pada sholat tidaklah benar.
Didalam kitabnya al majmuk Imam Nawawi menukil kalam Imam Syafi’i al umm : barang siapa mengakhirkan berbuka tanpa udzur dan menganggap itu perintah agama maka hukumnya makruh , dan jika tidak ada anggapan seperti ini ga ada masalah.

Catatan : Disini disunnahkan segera berbuka ketika yakin terbenam, adapun mereka yang berprasangka terbenam dengan ijtihad tidak disunnahkan untuk menyegerakan berbuka walaupun boleh baginya, namun yang afdol mengakhirkannya sampai yakin terbenam.

( إتحاف أهل الإسلام بخصوصيات الصيام لابن حجر الهيتمي )

[Alwi bin Ali Alhabsyi]

Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id

BERBAGI YUK!
  •   
  • 11
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Silahkan disukai dan dibagikan, insya Allah bernilai ibadah, dan jadikan ladang pahala dalam menginfaqkan ilmu-ilmu Syari'ah. Hamba yang menunjukan kebaikan kepada orang lain maka dia juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukan kebaikan tersebut. Syukron :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *