Apakah Ada Adzab Kubur Setelah Manusia Meninggal ?

Pertanyaan : Apakah setelah manusia meninggal dunia, ada adzab dalam kuburnya?

Jawaban:
Dari sekian banyak apa yang harus dan wajib diyakini oleh setiap muslim, hal ini merupakan bagian dari aqidah islamiyah yakni diantaranya: Tentang soal kubur, tentang adzab kubur dan nikmat kubur.
Sebagamana tertulis dalam kitab Jauharatut-Tauhid karya As-syekh Ibrahim Allaqoniy sebagai berikut :

سُؤَالُنَا ثُمَّ عَذَابُ الْقَبْرِ نَعِيْمُهُ وَاجِبْ كَبَعْثِ الْحَشْرِ

Artinya: “Kita akan ditanya di dalam kubur, kemudian ada yang diadzab dalam kubur ada juga yang diberi nikmat di dalam kubur itu semua harus ada dan wajib diyakini seperti juga halnya kebangkitan dari kubur untuk dikumpulkan di padang Mahsyar”.
Dan sebagaimana yang tersebut dalam kitab Tadzkirotul Qurtubi halaman 36 sebagai berikut :

فَاعْلَمُوْا أَيُّهَا الإِخْوَانُ أَنَّ عَذَابَ الْقَبْرِ وَنَعِيْمَهُ حَقٌّ كَمَا صَرَّحَتْ بِهِ الأَحَادِيْثُ الصَّحِيْحَةُ، وَلكِنَّ اللَّهَ يَأْخُذُ بِأَبْصَارِ الْخَلاَئِقِ وَأَسْمَاعِهِمْ مِنَ الْجِنِّ وَالإِنْسِ عَنْ رُؤْيَةِ عَذَابِ الْقَبْرِ وَنَعِيْمِهِ لِحِكْمَةِ الْإِلهِيَّةِ وَمَنْ شَكَّ فِي ذلِكَ فَهُوَ مُلْحِدٌ

Artinya : “Maka ketahiulah wahai saudara-saudaraku, bahwa adzab kubur dan nikmat kubur itu adalah sesuatu yang haq adanya, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh hadits-hadits shohih. Akan tetapi Allah SWT mengambil pandangan-pandangan makhluk-Nya dan penglihatan mereka dari kaum jin dan manusia, sehingga mereka tidak mampu melihat adzab dan nikmat kubur tersebut. Karena hal itu adalah rahasia ketuhanan yang mengandung hikmah yang besar. Dan barang siapa yang ragu tentang hal ini, maka berarti dia mengingkari ajara islam.

Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id

BERBAGI YUK!

Silahkan disukai dan dibagikan, insya Allah bernilai ibadah, dan jadikan ladang pahala dalam menginfaqkan ilmu-ilmu Syari'ah. Hamba yang menunjukan kebaikan kepada orang lain maka dia juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukan kebaikan tersebut. Syukron :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *