Bagaimana Pandangan Islam Tentang Peringatan Houl

Pertanyaan : Apakah ada tuntunan mengadakan peringatan houl dalam agama islam?

Jawaban :
Kata houl berasal dari bahasa Arab الحَوْلُ artinya: kekuatan, kekuasaan, daya upaya, perubahan, perpindahan setahun. Adapun bila kita akan bicara hukum houl dan landasan Amaliyahnya. Secara khusus houl hukumnya adalah mubah (boleh) dan tidak ada larangan, sebagaimana terungkap dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Al- Baihaqi dan Al- Waqidi.

كَان النبي صلى اللَّهُ عليه وسلّم يَزُوْرُ قَتْلِى أُحُدٍ في كُلِّ حَوْلٍ وإذَا لَقَاهُم بِالشُعْبِ رَفَعَ صَوْتَهُ يَقُوْلُ : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ.

Artinya: “Bahwasanya Nabi senantiasa berziarah ke makam para syuhada’ di bukit uhud setiap tahunnya dan sesampainya di sana, Beliau mengucapkan salam dengan mengeraskan suaranya :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ ( الرَّعْدُ: 24 )

“Keselamatan tetap pada kalian berkat kesabaran kalian, maka batapa baiknya tempat kesudahan kalian itu (Ar-ro’d :24).”

Jika dilihat dari sisi acara-acara ritual yang ada di dalam houl, maka hukumnya dapat kita cermati sebagai berikut :

1. Ziarah kubur, ini hukumnya di anjurkan (mustahab) sebagaimana dalam hadits Rosul SAW :

كَانَ صلى اللَّهُ عليه وسلّم يَزُوْرُ قُبُوْرَ شُهَدَاءِ أُحُدٍ وَ قُبُوْرَ أَهْلِ الْبَقِيْعِ وسلَّمَ عَلَيْهِمْ ويَدْعُوْ لَهُمْ بِمَا تَقَدَّمَ (رواه مسلم وأحمد)

Artinya: “Rosulullah SAW berziarah ke makam syuhada’ Uhud dan ke makam Baqi’. Beliau mengucapkan salam dan mendoakan mereka atas amal-amal yang telah mereka kerjakan.”(HR Muslim dan Ahmad).

2. Bacaan Tahlil, Tahmid, Tasbih dan ayat-ayat Al-qur’an yang pahalanya dihadiahkan kepada yang dihouli dan Ahli kubur.
Hal ini juga berdasarkan hadits Rosul SAW riwayat Imam Baihaqi dan Tabariy.

عَنْ ابن عُمَرَ رضي اللَّهُ عَنْهُمَا قال : سمعْتُ رسولَ اللَّه صلى اللَّهُ عليه وسلّم يقُوْلُ: إذَا مَاتَ أحدُكُمْ فَلا تَحْبِسُوهُ وأسرِعُوْا بِهِ إلى قبْرِهِ وَلْيَقْرَأْ عندَ رَأسِهِ فَاتحةَ الْكِتَابِ
ولفظ البيهقِي فاتحة البقرةِ وَعِنْدَ رِجْلَيْهِ بِخَاتِمَةِ سورةِ البقرةِ فِيْ قَبْرِهِ.

Artinya: “Dari sahabat Ibnu Umar r.a beliau berkata : Aku mendengar Rosulullah SAW bersabda : “Jika seorang diantara kalian wafat, maka jangan kalian tahan, cepat-cepatlah kalian bawa ke kubur dan bacakan di arah kepalanya surat Al-Fatihah, menurut riwayat Al-Baihaqi: Awal surat Al-Baqoroh dan pada arah kakinya bacakan akhir surat Al-baqoroh.”

Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id

BERBAGI YUK!

Silahkan disukai dan dibagikan, insya Allah bernilai ibadah, dan jadikan ladang pahala dalam menginfaqkan ilmu-ilmu Syari'ah. Hamba yang menunjukan kebaikan kepada orang lain maka dia juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukan kebaikan tersebut. Syukron :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *