Bagaimana Hukum Donor Darah Dari Non Muslim

Pertanyaan : Bagaimana Hukum donor darah dari Non Muslim
.

Jawaban :
Berikut Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah no. 1325

.
ﺱ : ﻫﻞ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻘﻞ ﺍﻟﺪﻡ ﻣﻦ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﺁﺧﺮ ﻭﺇﻥ ﺍﺧﺘﻠﻒ ﺩﻳﻨﻬﻤﺎ؟

.
Bolehkan mentransfusikan darah dari orang yang berbeda agama (muslim ke kafir atau sebaliknya)?

.
ﺝ : ﺇﺫﺍ ﻣﺮﺽ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﺃﻭ ﺍﺷﺘﺪ ﺿﻌﻔﻪ ﻭﻻ ﺳﺒﻴﻞ ﻟﺘﻘﻮﻳﺘﻪ ﺃﻭ ﻋﻼﺟﻪ ﺇﻻ ﺑﻨﻘﻞ ﺩﻡ ﻣﻦ ﻏﻴﺮﻩ ﺇﻟﻴﻪ، ﻭﺗﻌﻴﻦ ﺫﻟﻚ ﻃﺮﻳﻘﺎ ﻹﻧﻘﺎﺫﻩ، ﻭﻏﻠﺐ ﻋﻠﻰ ﻇﻦ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻤﻌﺮﻓﺔ ﺍﻧﺘﻔﺎﻋﻪ ﺑﺬﻟﻚ – ﻓﻼ ﺑﺄﺱ ﺑﻌﻼﺟﻪ ﺑﻨﻘﻞ ﺩﻡ ﻏﻴﺮﻩ ﺇﻟﻴﻪ، ﻭﻟﻮ ﺍﺧﺘﻠﻒ ﺩﻳﻨﻬﻤﺎ، ﻓﻴﻨﻘﻞ ﺍﻟﺪﻡ ﻣﻦ ﻛﺎﻓﺮ ﻭﻟﻮ ﺣﺮﺑﻴﺎ ﻟﻤﺴﻠﻢ، ﻭﻳﻨﻘﻞ ﻣﻦ ﻣﺴﻠﻢ ﻟﻜﺎﻓﺮ ﻏﻴﺮ ﺣﺮﺑﻲ، ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺤﺮﺑﻲ ﻓﻨﻔﺴﻪ ﻏﻴﺮ ﻣﻌﺼﻮﻣﺔ، ﻓﻼ ﺗﺠﻮﺯ ﺇﻋﺎﻧﺘﻪ، ﺑﻞ ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﻋﻠﻴﻪ، ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﺃﺳﺮ
.

Jika seseorang sakit dan sangat lemah, kemudian tidak ada cara untuk menyembuhkannya kecuali menerima donor darah dari yang lain dan sudah pasti cara tersebut bisa menyelamatkannya kemudian ada sangkaan kuat dari para ahli bahwa hal tersebut bermanfaat (transfusi darah ini sudah terbukti kuat secara medis, bukan sangkaan kuat lagi, pent). Maka hukumnya tidak mengapa (mubah) walaupun agama mereka berbeda.
Maka boleh transfusi darah dari orang kafir walaupun kafir harbi (yaitu orang kafir yang memerangi / sedang perang orang muslim) kepada orang muslim. Dan boleh transfusi darah dari orang muslim ke orang kafir yang non harbi. Karena kafir harbi darahnya (nyawanya) tidak terjaga / terjamin, maka tidak boleh membantunya, bahkan harus memerangi mereka. Kecuali jika mereka menjadi tawanan (jadi orang kafir di Indonesia bukan kafir harbi, boleh transfusi darah kepada mereka).

[Zean Areev]

 

Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id

BERBAGI YUK!

Silahkan disukai dan dibagikan, insya Allah bernilai ibadah, dan jadikan ladang pahala dalam menginfaqkan ilmu-ilmu Syari'ah. Hamba yang menunjukan kebaikan kepada orang lain maka dia juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukan kebaikan tersebut. Syukron :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *