Cara Istinsyaq Cukup Dihirup Atau Dibasuhkan Air Saja ke Hidung?

Pertanyaan: Bagaimanakah yang paling tepat di dalam kita melaksanakan sunah memasukkan air kehidung, apakah dengan cara dihirup atau dengan membasuhkan air saja ke dalam hidung?

Jawaban :

Memasukkan air kedalam hidung (istinsyaq) adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan. Dalam hal ini istinsyaq sendiri memiliki makna memasukkan air ke dalam hidung dan disunnahkan menggunakan tangan kanan sambil berdoa: “Allohumma arihni rooihatal jannah wa anta roodin” , dengan cara ini anda sudah mendapatkan kesunnahan istinsyaq.

Sedangkan dalam istinsyaq sendiri terdapat sunnah mubalaghoh (menyangatkan) yang menjadi kesempurnaan istinsyaq itu sendiri.

Maka Cara yang yang lebih sempurna dalam istinsyâq adalah dengan memasukkan air menggunakan tangan kanan ke dalam hidung dengan cara dihirup hingga sampai ke hidung bagian atas lalu dikeluarkan (disemprotkan) menggunakan tangan kiri sambil berdoa (Allohumma innii a’uudzubika min rowaa’ihinnar wa suuiddaar).

Wallohu a’lam

( A . D )

Referensi :

– تقريرات السديدة .قسم العبادات
ص : ٨٦- ٨٨ دار العلوم الإسلامية

تعريف الإستنشاق وهو إدخال الماء إلى الأنف ، ويكون باليد اليمنى ، ويقول عنده : ( أللهم أرحني رائحة الجنة وأنت عني راض ).
٦- المبالغة فيهما لغير الصائم ، وهي في المضمضة بأن يبلغ الماء إلى أقصى الحنك ووجهي الأسنان واللثاث ، وفي الإستنشاق أن يصعد الماء بالنفس إلى الخيشوم .
٧- الإستنثار وهو إخراج الماء من الأنف ، ويسن أن يكون بيده اليسرى ، ويقول عنده : ( اللهم إني أعوذبك من روائح النار وسوء الدار ) .

Ingin bertanya permasalahan Agama? Kirimkan pertanyaan Anda kepada Tim Asatidz Tafaqquh Nyantri Yuk, klik http://tanya.nyantriyuk.id

BERBAGI YUK!

Silahkan disukai dan dibagikan, insya Allah bernilai ibadah, dan jadikan ladang pahala dalam menginfaqkan ilmu-ilmu Syari'ah. Hamba yang menunjukan kebaikan kepada orang lain maka dia juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukan kebaikan tersebut. Syukron :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *